Bagaimana cara memancing pompa tanpa lubang pancing

Mungkin mendengar judul artikel ini rada aneh, tapi saya yakin pasti ada orang yang memiliki pertanyaan seperti ini.

Artikel ini memang berangkat dari kondisi dimana kita mendapati pompa air yang sudah terpasang dengan tidak secara benar, namun barangkali belum pernah bermasalah sampai tiba-tiba kita mendapati pompa tersebut tidak jalan lagi karena perlu “dipancing” dulu.

Untuk referensi memasang pompa yang benar, ada beberapa sumber yang cukup baik. Sumber-sumber ini dapat dilihat di bagian bawah.

Nah sekarang ke topik masalah, bagaimana memancing pompa yang tidak memiliki lubang “pancingan”. Entah karena tidak dilengkapi dengan pipa input yang bisa dibuka-tutup atau memang karena pipa inflow nya memiliki posisi yang susah dijangkau.

Caranya sebenarnya cukup mudah kawan. Kebanyakan pompa menyedot air dari tandon air (kalau ada PDAM) atau dari air sumur. Nah kita tinggal menelusuri pipa inflow tersebut. Dalam kondisi pompa menyala, tuangkan air ke dalam pipa inflow tersebut. Apabila air tidak dapat masuk ke dalam pompa (karena lekukan pipa), cukup tiup saja pipa tersebut, sehingga air dapat terdorong ke pompa. Dengan begitu, air akan dapat masuk ke hisapan pompa dan berjalan normal.

Tags:,

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.