Basic Growth Hack

Baru-baru ini topik Growth Hack menjadi sebuah buzz word yang cukup populer, entah karena ketidak jelasan nya (overhype) atau karena real impact nya. Disini saya ingin berbagi beberapa tricks growth hack dari berbagai sumber, seminar hingga talk shows. Pengin tahu lebih jelas, lansung aja kita ke point-point nya ya.

Konsep dari growth hack ini sendiri sebenar nya bukan "silver bullet" (solusi yang tinggal install lansung jalan) dari kebutuhan bisnis kita. Growth hack meliputi berbagai tips dan alternatif cara-cara untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis kita secara cepat. Secara spesifik per definisi, konsep Growth Hack sendiri harusnya memiliki kriteria sebagai berikut,

  • Technology-based – berbasiskan teknologi sehingga dapat tumbuh dengan cepat
  • Automated – tidak diproses secara manual per orang an
  • Relatively low cost – tidak membutuhkan pendanaan yang besar untuk mendapatkan hasil
  • Effective for short time only – hanya berhasil untuk jangka waktu tertentu (bukan arah strategi khusus bisnis)

growth-hacker-marketing-headerBeberapa contoh nyata dari growth hack yang cukup terkenal adalah Hotmail. Pada awal pendirian, Hotmail bukanlah free email pertama di jagat Internet. Namun karena tingkat pertumbuhan nya yang sangat tinggi, pada tahun 1996, Hotmail memiliki pangsa pasar yang terbesar (8,5juta pengguna). Salah satu growth hack Hotmail pada saat itu adalah menambahkan footer di setiap email yang terkirim dari account Hotmail, sehingga jumlah pengguna nya bertumbuh secara viral.

Berikut beberapa alternatif Growth Hack yang dapat kita coba implementasikan,

Drip Campaign – Onboarding

Drip Campaign meliputi auto-add customer's email ke dalam mailing list, dimana akan mendapatkan beberapa email otomatis secara berututan dengan periode tertentu. Contoh, ketika kita mendaftar ke website a.com, secara otomatis akan terkirim beberapa email mulai dari Welcoming Email, hingga petunjuk penggunaaan bagi tipe Advanced User. Semua email terkirim secara otomatis dengan delay waktu 1 hari. Drip Campaign sangat berguna terutama bagi sistem yang membutuhkan stickyness dari user untuk mendalami cara penggunaan secara lebih seksama.

Decoy Pricing

Decoy Pricing adalah teknik untuk mengarahkan pelanggan mengambil paket yang kita inginkan dengan penyertaan harga yang lebih tinggi sehingga harga yang "recommended" tidak terkesan mahal.

Anchor Pricing

Mirip dengan teknik Decoy Pricing namun lebih berfokus pada pengalihan pelanggan sehingga harga barang/jasa yang ditawarkan menjadi tampak tidak terlalu mahal.

Piggy back Hack

Cara dimana kita "nebeng" ketenaran dari artikel ataupun trend yang sudah ada. Contoh, ketika tahu bulet sedang populer di kalangan gamers, artikel ulasan yang mentargetkan keyword yang sama menjadi naik secara signifikan.

The Headline Hack

Headline hack berkaitan dengan teknik "copywriting" sehingga judul dari artikel kita menjadi menarik secara sekilas baca.

kinderjoyThe Unboxing Hack

Beberapa produk ternama seperti Kinder Joy (coklat berbentuk telur) menjadi favorit di berbagai belahan dunia dikarenakan oleh ritual unboxing dimana video yang mengulas detik demi detik proses membuka dari berbagai produk dengan brand tersebut. Sudah banyak video unboxing seperti ini yang menjadi viral dengan ratusan juta view.

The Can't Go Back Hack

Memanipulasi elemen navigasi di halaman landing/web page sehingga user diarahkan untuk melakukan sign up. Namun harus hati-hati, karena Google memiliki kebijakan yang cukup ketat perihal jebakan landing page.

Powerpoint Conversion Hack

Memberikan presentasi yang berkaitan dengan produk/jasa kita dan mengupload nya di SlideShare. SlideShare merupakan platform berbagi materi presentasi yang paling populer saat ini.

The Open Graph Hack

Menggunakan panah atau lingkaran berwarna merah untuk mengarahkan point of interest user untuk memperhatikan titik atau gambar tertentu.

The Youtube SERP Hack

Mengupload video mengenai produk/jasa kita dengan tujuan meningkatkan kunjungan melalui Youtube/Google Video search.

The Roadblock Hack

The Roadblock Hack adalah teknik untuk menempatkan overlay di landing page sehingga user dapat menyelesaikan satu tugas yang terfokus (seperti pendaftaran/sign up)

The Queue Jumper Hack

Menempatkan daftar antri yang cukup panjang untuk mendapatkan suatu fasilitas tertentu, dimana antrian tersebut dapat dilompati (secara bertahap) apabila user membantu menyebarkan melalui sosial media. Selain ini, daftar antrian juga seringkali memberikan kesan eksklusifitas bagi anggota yang sudah masuk.

The Timer Hack

Promo dengan timer untuk waktu yang terbatas, sehingga user dapat mengambil keputusan lebih cepat.

The Vanity Hack

Memberikan akses kepada user untuk menshare sesuatu mengenai mereka sendiri melalui sosial media dengan link ke brand tertentu. Contoh, marathon bersama dimana user yang mengikuti wajib memposting kegiatan nya sendiri namun dengan tag ke brand yang diinginkan untuk qualified dalam kompetisi.

The 2-way Incentive Hack

Memberikan insentif dua sisi kepada user yang telah bergabung sehingga calon user baru juga mendapatkan insentif. Contoh, Dropbox memberikan tambahan kapasitas apabila kita mengundang teman kita, dimana apabila teman kita melakukan pendaftaran melalui link di email tersebut, juga akan mendapatkan tambahan kapasitas penyimpanan.

cart-reminderAbandoned Cart

Ketika user telah memilih beberapa item ke dalam shopping cart mereka kemudian transaksi dibatalkan, kita dapat mengingatkan mereka kembali pada kunjugan berikut nya atau melalui Google Ads di domain media lainnya. Ada beberapa tools yang menawarkan kapabilitas seperti ini melalui implementasi yang singkat.

Special Anniversary

Mengirimkan email kepada pelanggan di saat moment-moment yang spesial, seperti hari libur agama, ulang tahun, dan lain nya.

Haven't seen you in a while

Bagi pelanggan yang sudah tidak membeli kembali dalam periode yang cukup lama, dapat dicoba untuk mengirimkan email dan menarik mereka kembali dengan penawaran yang menarik.

 

Demikian daftar Growth Hack yang penulis punya…. bagi yang masih punya tricksx2 yang lain, ayo comment dibawah ini ya.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.