Cara bijak memilih caleg 2014

Menjelang tanggal pemilu di tahun 2014 tingkat kegalauan masyarakat semakin tinggi, mengingat partai golput merupakan pemenang yang sebenarnya di pemilu tahun 2009 (lebih dari 50% dari pemilu sebelumnya adalah golput). Melalui tulisan singkat ini, ada beberapa kiat dan informasi praktis yang ingin penulis bagikan untuk menambah pengetahuan kita akan caleg-caleg yang beradu di tahun 2014.

DPT 2014Yang pertama kita ketahui adalah lokasi dimana kita memiliki hak untuk memberikan suara. Terlepas dari aturan dan sensus yang berubah-ubah, ada baiknya bagi kita untuk mengecek terlebih dahulu apakah kita sudah terdaftar di daerah kita masing-masing. Istilah keren dari hak suara ini adalah Data Pemilih Tetap atau DPT per TPS, dimana dapat di cek di link tersebut. Anda pilih terlebih dahulu provinsi anda tinggal kemudian tentukan daerah pemilihan nya.

Yang kedua adalah mengenali caleg-caleg utk daerah kita masing-masing. Secara umum, terdapat sekitar 12 partai dengan 10 caleg dari masing-masing partai. Khusus utk Daerah Istimewa Aceh, ada tambahan tiga partai, yakni Partai Damai Aceh, Partai Nasional Aceh, dan Partai Aceh. Untuk melihat daftar caleg dari tiap daerah klik di link tersebut. Kembali ke paragraf sebelumnya, anda harus mengetahui terlebih dahulu daerah pemilu anda.

Info Caleg 2014 per dapilLangkah ketiga yang menjadi cukup sulit adalah mendalami profil caleg-caleg yang bersangkutan. Cara paling sederhana adalah melakukan pencarian secara manual di google dengan nama dari caleg yang bersangkutan. Cara lain yang cukup menarik adalah dengan melirik website info caleg yang baru saja ditemukan oleh penulis. Di web ini anda dapat menambahkan informasi yang anda temukan terutama dari website-website media masa yang cukup terkenal. Sehingga kita dapat dengan mudah share data secara bersama-sama. Dari website infocaleg ini penulis menemukan beberapa fakta yang sangat menarik, yang barangkali telah terlupakan karena terjadi beberapa tahun yang lalu.

Referensi

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.