Daftar Cloud Hosting Provider di Indonesia

Belakangan ini industri hosting Indonesia mulai marak dengan berlomba-lomba untuk menawarkan solusi cloud. Apa dan mengapa sih Cloud ini serasa angin segar, namun juga ada yang menganggap sepele dengan cloud model ini?

Sejatinya istilah cloud barangkali mulai dilahirkan oleh IBM sebagai jawaban dari beragam solusi IT yang mereka tawarkan dimana sangat variatif dan kompleks.

Beberapa vendor IT lantas mengeneralisasi term "Cloud" sebagai jawaban yang menyederhanakan beragam solusi yang mereka tawarkan. Namun secara garis besar, konsep Cloud mengacu pada fleksibilitas yang ditawarkan oleh vendor dalam melayani pelanggannya.

Fleksibilitas Cloud juga tidak paten, dalam artian beberapa solusi cloud bisa jadi lebih fleksibel dibandingkan yang lain. Sebagai contoh, untuk Amazon, billing cycle atau perhitungan biaya nya bisa menggunakan satuan jam, sehingga pengguna bisa dengan mudah melakukan scaling sehingga bisa disesuaikan dengan periode-periode sibuk tertentu.

Sementara beberapa provider cloud lain, terutama untuk hosting, satuan terkecil nya adalah hari, dimana terkadang terdapat periode setup awal beberapa jam untuk menyiapkan infrastruktur yang dipesan.

Berikut beberapa solusi hosting cloud provider di Indonesia yang barangkali bisa menjadi referensi

  • Alibaba Cloud – merupakan salah satu pemain awal, namun sangat canggih terutama dari sisi penyiapan space yang dipesan.
  • Rumah Web –

Diatas beberapa cloud provider yang sudah cukup dikenal di Indonesia. Apabila teman-teman memiliki daftar tambahan, silahkan ditambahkan di comments.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.