Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC) 2013

IWIC LogoApa itu IWIC? IWIC atau Indosast Wireless Innovation Contest adalah kompetisi inovasi berbasiskan mobile yang diselenggarakan oleh Indosat. Acara ini bermula dari tahun 2006 dan pada saat saya ikut serta merupakan yang ke 7 kali nya. Tulisan saya ini didorong oleh karena minim nya pemberitaan yang ada untuk acara-acara IWIC di tahun-tahun sebelumnya. Well… tapi yang pasti acara IWIC tahun ini super FUN & UNFORGETTABLE!!!

Brief History

Aku sendiri ikut acara IWIC sebenar nya secara tidak sengaja nyemplung. Beberapa bulan sebelum submission deadline (1 Nov 2013), beberapa evangelists IWIC datang ke Surabaya di acara Suwec yang merupakan salah satu paguyuban developer di Surabaya yang super cool! Pada acara itu, bang Sandy Colondam hadir dan mendorong kami semua untuk berpartisipasi di IWIC ini. Usut punya usut ternyata beliau ini juga merupakan veteran kelas berat di IWIC ini. Bang Sandy ini ternyata sudah beberapa kali memenangkan ajang yang sangat bergengsi ini!

Submission dan Penjurian

Inti dari kompetisi di IWIC ini adalah submission proposal ide kita, boleh dalam bentuk Word doc atau PowerPoint doc. Yang pasti ide kita harus menarik dan implementable, meskipun “implementable” ini terkadang bisa dipertanyakan bergantung dari pengetahuan kita mengenai bidang tersebut sih, tapi kan yaa…semuanya bisa sedikit di “stretch” dikitx2 lah.

Secara singkat kompetisi IWIC ini meliputi dua tahap penjurian. Tahap pertama adalah seleksi proposal, dan tahap kedua adalah pitching. Proposal yang lolos dari tahap penjurian pertama akan masuk ke dalam nominasi finalis IWIC, dimana untuk setiap kategori yang dilombakan akan dipilih 3 nominator. Untuk yang mau lihat detail judul nya, bisa dilihat di daftar nominator IWIC 2013 sini.

Kategori Nama Judul Ide Kota
Social Media Alfiah Rizki Diana Putri PinjemBuku Yogyakarta
Qushay Bagas Isworo Qute Bandung
Handoko Dyan Aditya
Maria Triana Dewi
Galau Skripsi Bogor
Info Arif Rahman Aziz NUNO Surabaya
Teguh Arie Sandy Superlink: Tes MBTI Malang
Rachmad Nafisholeh NearbYee Surabaya
m-Commerce Minghadi Suryajaya 1001beds.com Surabaya
Alfandra Tiaputra BigBang Baturaja
Sandy Colondam Kripik Jakarta
Games Setyadi Aprilianto Neil “Hidup Sehat” Yogyakarta
Oktafian Angga Nugraha Uwo Uwo Magelang
Estu Galih NP Geograpiea Yogyakarta
Music & Video Alfandra Tiaputra M-Singer Baturaja
Dita Lupita Sari Bumming (Mobile Humming) Bandung
Rizaldi Martaputra Mobile Teaching Padang
Sport Boni Yustin Prabowo SportyFind Bandung
Aria Dhanang Dewangga MauKurus Bandung
Andry Pet-O-Meter Bandung
Internal* Syamsul Bahtiar OMIS Semarang

Final Round

Yang paling menarik dari IWIC adalah final round nya, dimana semua nominator dikumpulkan barengx2 di Jakarta untuk mengikuti bootcamp selama dua hari. Dan yang istimewa di tahun ini adalah turut serta nya Founders Institute (FI), dimana para petuah-petuah dari FI turun gunung untuk memberikan bekal ilmu start-up kepada kami-kami semua. Selama 2 hari bootcamp kami mendapatkan pelatihan yang sangat padat dari 3 direktur Founder Institute (Andy Zain, Novistiar, dan Sanny Gaddafi)  dan juga beberapa mentor yang cukup kondang, antara lain Denny Santoso and Dian Noeh Abubakar (KVB), very worthwhile and meaningful talks.

Prizes

So to top it off…the prizes of IWIC 2013!

Opening speech oleh CEO Indosat  (Alexander Rusly)

The first prize adalah uang senilai 25jt, diikuti oleh 2nd winner sebesar 15jt, dan 3rd winner sebesar 10jt. Khusus untuk yang first winner juta diberikan beasiswa utk bergabung di Founder Institute. Yang paling menarik dari acara ini adalah peringkat tersebut diberikan utk setiap kategori. Jadi dari hitungan cepat saja, Indosat setidaknya sudah menggelontorkan (50jt x 6 kategori) 300jt untuk IWIC 2013 ini. Dimana tujuan daripada hadiah ini adalah untuk membantu kontestan mewujudkan ide awal mereka menjadi suatu produk jadi.

IklanKompas-pemenang IWIC 2013

Demikian catatan singkat atas partisipasi kami di IWIC 2013! Any question or enquiry lansung tembak saja di bagian bawah artikel ini. =)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.