Trend hotel budget di Indonesia

capsule2Data dari survei Bank Indonesia terhadap pertumbuhan layanan hotel dan akomodasi lainnya menunjukan peningkatan yang cukup signifikan selama tahun 2013 dan 2014. Data dari Bank Indonesia menunjukkan di tahun 2013 triwulan 3 saja pertumbuhan hotel sudah mencapai 5.36% yoy dan meningkat secara konsisten di tahun 2014. Di Surabaya sendiri jumlah hotel murah Surabaya naik secara fantastis sampai awal tahun 2015. Dengan peningkatan jumlah hotel budget yang cukup pesat, banyak faktor yang menjadi penentu bertahannya bisnis ini. 

Dengan banyak nya hotel budget, persaingan harga murah menjadi semakin sengit dan cukup berbahaya karena dapat menyebabkan persaingan yang tidak sehat. Biaya perawatan dan pemeliharaan hotel tidak lah sedikit, staff mulai dari bagian reservasi, room service, sampai dengan administrasi harus tetap digaji tanpa memandang tinggi atau rendahnya tingkat okupansi hotel.

KL-Tune_Hotel_Jalan_Tuanku_Abdul_RahmanBeberapa hotel budget memiliki konsep yang cukup unik dimana layanan yang diberikan benar-benar irit. Tune Hotel memulai konsep ini di penghujung tahun 2009 dengan konsep "limited service". Tune Hotels menyediakan layanan minimum dengan add-ons konsep dimana harga yang diberikan benar-benar murah, namun ada charge tambahan untuk penggunaan fasilitas seperti amenities toilet, air-conditioning, tv, dan internet akses. Tune hotel mengenakan charge yang berbeda untuk tiap item services. Pada awalnya konsep ini cukup populer karena harga yand dipasang mulai dari USD $3, namun dengan jalannya waktu konsep ini mulai ditinggalkan, karena total harga yang dibayar apabila menggunakan fasilitas secara lengkap dengan perbandingan standard hotel biasa, harga nya menjadi sedikit lebih mahal.

Dengan persaingan yang cukup sengit, banyak hotel mulai memotong harga cukup signifikan untuk pelanggan korporat terutama untuk kebutuhan MICE. MICE dahulu seringkali diibaratkan sebagai event yang hanya diselenggarakan oleh perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. Namun dengan jalannya waktu, MICE mulai menjadi populer terutama dengan meningkatnya perekonomian Indonesia. Mulai dari dinas-dinas di pemerintahan, sampai dengan seminar-seminar dan workshop saat ini lebih memilih diselenggarakan di hotel, dikarenakan kualitas dan kenyamanan yang lebih memudahkan penyelenggara acara atau EO (Event Organizer) dalam mengkoordinasikan peserta.

Citihub_Hotel_Tunjungan_Hotel_Interior11Beberapa konsep baru bermunculan di Indonesia, seperti brand citihub dan zest hotel. Sedikit berbeda dengan konsep Tune Hotel yang terdahulu, citihub menerapkan charge tambahan hanya untuk beberapa fasilitas yang dipandang bukan primer, antara lain handuk mandi dan personal amenities seperti sikat gigi. Konsep ini pada awal nya juga mendapat dukungan yang cukup hangat karena harga yang ditawarkan cukup signifikan dibandingkan dengan hotel standard. Zest Hotel merupakan brand hotel bintang 2 economy dari SwissBell Hotel International dengan konsep yang minimalis sederhana namun tidak mengurangi fasilitas standard hotel pada umum nya. Zest Hotel Surabaya merupakan salah satu hotel pertama dari brand ini.

nano_twinBrand citihub juga menghadirkan konsep hotel Nano, dimana minimal factor dari ukuran per kamar menjadi lebih minimum. Hotel dengan brand Nano sendiri saat ini baru berdiri di kota Solo, dengan konsep kamar yang super minimalis, dimana meja pun dihadirkan dalam bentuk lipat sehingga dapat lebih meminimaliskan luas ruang yang dibutuhkan. Ketika soft-opening, harga yang ditawarkan mulai dari 175rb per room night.

capsulejapanCapsule Hotel merupakan salah satu contoh cukup extreme dari budget hotel di Jepang. Capsule Hotel menggunakan konsep sleeping pod sebagai substitusi dari ruang tidur. Tiap sleeping pod memiliki ukuran dimensi dalam kisaran 104cm x 206cm, x 102 cm (tinggi). Pada umum nya area sleeping pod dipisahkan antara pria dan wanita, dan dilengkapi dengan locker dan common bathrooms. Konsep Capsule Hotel menjadi populer tidak hanya bagi wisatawan asing yang ingin mencoba-coba, namun juga bagi penduduk lokal, karena banyak juga digunakan oleh kalangan perusahaan dalam perjalanan dinas yang tidak terlalu melelahkan.

sleepbox2Konsep sleeping pod dari Capsule Hotel saat ini mulai mengalami adopsi dan pengembangan dengan kehadirannya di beberapa bandara international. Bandara Sheremetyevo di Moscow menghadirkan Sleepbox, dimana pelancong dapat beristirahat beberapa jam dengan membayar sewa per jam nya. Tiap unit dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti lampu baca, meja kerja, dan bed. Airport Internasional Abu Dhabi juga menghadirkan sleeping pods dimana penumpang transit dapat beristirahat dalam privacy penuh karena dilengkapi dengan penutup kanopi. Sleeping pods ini disewakan seharga 45 Dirham atau USD $12 per jam nya.

Referensi

http://www.bi.go.id/id/publikasi/kajian-ekonomi-regional/bali/Documents/KERProvinsiBaliTwIII2013.pdf

http://www.traveller.com.au/airports-worldfirst-sleeping-pods-allow-private-naps-for-passengers-2ja6c

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.